Juni 15, 2024
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyarankan agar para pengelola desa wisata promosikan wilayahnya dalam rangka HUT RI.

Hari Ulang Tahun Indonesia bisa menjadi ajang masyarakat untuk ikut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Kegiatan promosi itu bisa dilakukan oleh masyarakat di desa wisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyarankan agar para pengelola desa wisata memanfaatkan momentum HUT ke-77 RI untuk mempromosikan potensi wilayahnya masing-masing.

“Kami akan umumkan hari ini, untuk setiap desa wisata untuk menggelar acara termasuk selain upacara tapi juga lomba-lomba,” kata Sandiaga Uno dalam acara peluncuran kemasan KitKat Breakreasi dengan tema destinasi Indonesia di Jakarta, Senin 15 Agustus 2022.

Sandiaga uno mengatakan desa wisata yang tersebar di seluruh kota wajib untuk mensyukuri 77 tahun Indonesia.

Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk membuat program khusus yang mencerminkan keunikan wilayah masing-masing saat 17 Agustus guna mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Ini membuka peluang untuk lebih mempromosikan,” kata Sandiaga, seraya menambahkan bahwa perayaan 17 Agustus tidak hanya untuk desa wisata, namun untuk seluruh Indonesia.

Pemerintah sudah menentukan beberapa destinasi superprioritas di Indonesia, seperti Candi Borobudur, Jawa Tengah, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Danau Toba, Sumatera Utara dan Likupang, Sulawesi Utara.

Harapannya masyarakat, khususnya di kawasan destinasi prioritas itu bisa berpartisipasi secara lebih optimal dalam merayakan Hari Ulang Tahun Indonesia.

Para pegiat pariwisata dan ekonomi ekonomi kreatif diharapkan dapat mencari tempat-tempat yang menarik dan mengibarkan bendera merah putih.

Pengibaran bendera merah putih kemudian diunggah di sosial media baik milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ataupun yang bekerja sama sebagai ajang promosi destinasi wisata.

“Kita ingin juga fokus kepada kelima destinasi wisata superprioritas dan Bali juga fokus pada spot-spot ecotourism di mana mereka mengibarkan bendera merah putih,” katanya.

Sebelumnya, Nestle meluncurkan kemasan KitKat Breakreasi dengan tema destinasi Indonesia diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk berlibur ke destinasi super prioritas Indonesia.

5 kemasan ini merupakan hasil dari kompetisi yang diikuti 350an lebih peserta dari Indonesia.

Dari ratusan konstestan itu, ada 5 kemasan yang diumumkan menjadi pemenang.

Mereka adalah Galang Dwiki Setya Mulyadi asal Bandung yang mendesain Borobudur, Iwan Nugraha asal Bandung yang menggambar Mandalika, Maria Magdalena Adinda asal Yogyakarta yang menggambar kawasan Likupang, Jacqueline Emanuella asal Bandung yang melukis tema Danau Toba, dan terakhir adalah Irdina Junaida asal Kediri yang menggambar Bali.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mendukung para pelaku industri kreatif, menghargai karya desainer muda, dan sekaligus menunjukkan rasa bangga pada pariwisata Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia Ganesan Ampalavanar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *