Juli 22, 2024
Router WiFi Dibobol Ini Bahayanya

Memasang WiFi kini banyak dipilih orang untuk mendapat akses internet dengan mudah di rumah. Akan tetapi, kita harus memastikan WiFi yang digunakan aman dengan misalnya menjaga kata sandi dan juga menggantinya secara berkala agar tidak mudah dibobol. Lantas, apa saja bahaya WiFi yang dibobol?

Router WiFi Dibobol Ini Bahayanya

Jaringan internet melambat

Saat password router Anda dibajak, pembobol dapat dengan mudah mengetahui password WiFi. Jika seseorang membonceng Wi-Fi Anda dan menggunakannya untuk streaming game dan film, bandwidth atau kapasitas kecepatan internet Anda cepat penuh. Sehingga internet yang Anda gunakan menjadi lambat.

 

Dapat memantau aktivitas internet

Penyadap jaringan Wi-Fi Anda dapat memata-matai semua lalu lintas di jaringan Anda. Bahkan dari perangkat apa pun yang terhubung dengan jaringan WiFi tersebut. Termasuk komputer, ponsel, konsol video game, perangkat rumah pintar, dan banyak lagi. Peretas juga dapat menggunakan packet sniffer, aplikasi untuk menganalisis lalu lintas data dan memantau aktivitas internet Anda secara waktu nyata.

 

Mengakses konten ilegal atas nama Anda

Peretas password WiFi dapat menggunakan koneksi internet Anda untuk melihat atau mengunggah media ilegal, streaming atau mengunduh konten bajakan, berbelanja di web gelap, dan melakukan banyak hal buruk lainnya, semuanya atas nama Anda.

 

Mengumpulkan data pribadi

Peretas router WiFi dapat mengakses data pribadi seperti kata sandi pada situs web tanpa enkripsi. Untuk itu, hindari memasukkan data pribadi ke dalam situs web tanpa enkripsi HTTPS.

 

Memasang malware

Seorang peretas dengan akses ke router Anda dapat memulai peretasan firmware router. Peretas dapat memasang router Anda dengan malware yang digunakan untuk memantau aktivitas internet Anda. Bahkan peretas dapat mengubah domain alamat internet yang Anda kunjungi dan mengalihkannya ke situs lain yang membuat Anda memasukkan data pribadi.

 

Selain WiFi, Anda juga masih bisa memiliki akses internet dengan membeli paket internet di handphone. Sekarang juga terdapat beragam harga paket internet yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *