Juni 15, 2024
Makassar memiliki banyak destinasi wisata unggulan, sebut saja Pantai Losari hingga Taman Nasional Bantimurung. Pernah ke Leang-leang?

Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki segudang destinasi wisata menarik, mulai dari wisata religi, pantai, sampai edukasi tersedia di sini.

Tidak hanya kota Makassar saja, melainkan kawasan sekitarnya pun menawarkan panorama yang sangat indah.

Jika tertarik untuk mengeksplorasi lebih jauh destinasi wisata di kota Makassar dan sekitarnya, berikut deretan tempat wisatanya.

1.

Pantai Losari Pantai ini terletak di Makassar, tidak jauh dari Bandara Hasanuddin yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit saja.

Pantai Losari tidak memiliki jam operasional sehingga siapa saja bisa mengunjunginya tanpa batasan waktu tertentu.

Namun, biasanya para wisatawan mengunjungi pantai ini pada pukul 3 sore sampai pukul 9 malam.

Pantai ini pun tidak memungut biaya untuk para wisatawan alias gratis.

2.

Pantai Apparalang Mengutip dari situs sulselprov.go.id, Pantai Apparalang ini terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pantai ini dapat ditempuh selama 4 jam dari Kota Makassar.

Meskipun jauh, tetapi pemandangan yang ditawarkan sudah bisa membayarkan lelahnya perjalanan.

Saat mengunjungi destinasi wisata ini, seseorang bisa duduk santai menikmati pemandangan atau bahkan mencoba snorkeling karena ombaknya tidak terlalu besar.

3.

Benteng Rotterdam Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam merupakan salah satu objek wisata yang populer di pusat Kota Makassar.

Benteng ini merupakan peninggalan bersejarah Kerajaan Gowa-Tallo yang memiliki gaya arsitektur khas Eropa, khususnya Belanda.

Benteng Rotterdam dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 6 sore.

Sementara itu, harga tiket masuknya sekitar Rp5.000,00 untuk orang dewasa dan Rp3.000,00 untuk anak-anak.

4.

Masjid Terapung Makassar Bagi seorang wisatawan muslimin yang berkunjung ke Makassar, hendaklah mampir ke Masjid Amirul Mukminin.

Selain untuk menunaikan ibadah salat, seseorang juga bisa menikmati keindahan masjid ini yang sangat mempesona, terlebih lagi pada sore hari dan menjelang matahari terbit.

Selain kaum muslimin, para wisatawan pun diperbolehkan untuk mengunjungi masjid ini.

5.

Gereja Katedral Makassar Gereja ini merupakan gereja tertua di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Bangunannya yang bergaya Eropa Gothic membuat gereja ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi penganut agama Kristiani.

Letaknya yang berada di pusat kota membuat seseorang dapat menemukannya dengan mudah.

6.

Celebes Canyon Melansir dari situs disbudpar.sulselprov.go.id, Celebes Canyon terinspirasi dari nama Grand Canyon di Amerika Serikat karena memiliki tebing batuan yang tampak mirip.

Destinasi wisata ini bisa ditempuh selama 2 jam berkendara dari Kota Makassar menuju Libureng, Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Destinasi ini oleh masyarakat lokal disebut dengan nama Benteng Murung dengan keindahan aliran sungai Ule yang sangat jernih.

Kendati demikian, akses untuk menuju Celebes Canyon tidaklah mudah.

7.

Leang-Leang Dengan mengunjungi Leang-Leang, seseorang dapat menambah wawasan keilmuannya.

Leang-Leang adalah taman prasejarah di Maros Punya yang lanskapnya mengingatkan akan pulau terpencil di film Jurassic Park.

Pada destinasi wisata ini, seseorang bisa melihat langsung peninggalan manusia purba yang menghuni gua tersebut pada tahun 5.000 SM.

Selain itu, ada pula lukisan dinding di Gua Pettae.

8.

Taman Nasional Bantimurung Taman Nasional Bantimurung ini biasa dikenal dengan nama TN Babul karena terletak di kawasan seluas 43 hektare dengan kekayaan alam dan faunanya.

Destinasi wisata Kota Makassar yang satu ini menawarkan beberapa objek wisata, seperti Rammang-Rammang (goa mimpi, goa batu, dan hutan batu kapur), The Kingdom of Butterflies (spesies kupu-kupu yang langka), Air Terjun Bantimurung, dan Gunung Bulusaraung.

RACHEL FARAHDIBAR R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *