Juni 15, 2024
Sekretaris Perusahaan Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting memastikan stok BBM subdisi jenis Pertalite dan Solar secara nasional masih aman.

Jakarta -Sekretaris Perusahaan Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting memastikan stok BBM bersubdisi jenis pertalite dan solar secara nasional masih aman.

“Kalo bicara stok nasional di Pertamina sebenarnya posisinya aman,” ujar dia saat dihubungi Tempo, 14 Agustus 2022.

Dia mengaku sudah mengecek pagi ini bahwa secara nasional stok pertalite ada di level 17 hari ke depan, sementara stok solar 19 hari ke depan.

“Dan terus diproduksi.

Artinya stok secara nasional di Pertamina mencukupi,” tutur Irto.

Namun ia tidak menjelaskan berapa banyak stok yang tersedia saat ini.

Sebelumnya, masyarakat dikabarkan mengalami kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak subsidi akhir-akhir ini, seperti pertalite dan solar.

Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat mengungkapkan penyebabnya adalah kebijakan pembatasan penyaluran BBM bersubsidi.

Achmad menjelaskan PT Pertamina (Persero) telah melaporkan realisasi penyaluran BBM jenis Pertalite per 31 Juli 2022 sudah mencapai 16,8 juta kiloliter dari kuota yang ditetapkan tahun ini sebesar 23,05 juta kiloliter.

Dengan begitu, sisa kuota penyaluran katanya sudah sangat menipis.

“Artinya hanya tersisa 6,25 juta kiloliter yang hanya mencukupi penyaluran bulan Agustus dan September 2022 saja.

Bahkan bisa lebih cepat lagi bila konsumsi dalam negeri tidak dikendalikan,” kata dia melalui keterangan tertulis, Jumat, 12 Agustus 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *