Juli 22, 2024
Perhatikan Hal Berikut untuk Merawat Mesin Laundry

Sumber : canva

Apakah Anda tertarik untuk membuka usaha laundry? Jika iya, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seluruh pengelolaan bisnis nantinya tidak sia-sia. Tak jarang, beberapa pengusaha kurang memperhatikan perencanaan yang matang agar dapat mewujudkan sebuah bisnis yang sukses.

Salah satunya adalah kurang memperhatikan kinerja mesin laundry. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak menghambat operasional usaha. Langkah-langkahnya pun terbilang sederhana. Anda bisa memulainya dengan cara yang simpel namun dapat dilakukan secara rutin. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Perhatikan Hal Berikut untuk Merawat Mesin Laundry

Sumber gambar: Canva

Beberapa Proses yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Merawat Mesin Laundry

1. Menyesuaikan dengan Kapasitas Mesin Cuci

Cara pertama untuk merawat mesin laundry adalah dengan memasukan pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci yang digunakan. Kinerja mesin cuci tidak akan berjalan maksimal jika pakaian di dalamnya melebihi kapasitas yang seharusnya. Belum lagi mesin akan bekerja ekstra yang apabila terus dipaksa dapat mengakibatkan kerusakan.

2. Atur Setting Mesin Cuci Berdasarkan Jenis Pakaian

Langkah selanjutnya dalam merawat mesin laundry adalah dengan mengatur pengaturan atau setting mesin cuci sesuai dengan jenis pakaian yang akan dicuci. Pakaian dengan bahan kasar memiliki treat berbeda dengan pakaian berbahan lembut. Selain menghindari kerusakan pada mesin cuci, Anda juga dapat menjaga kualitas pakaian pelanggan.

3. Selalu Memperhatikan Bagian Inti/Vital Mesin Cuci

Melindungi bagian vital mesin cuci seperti panel kendali dan modul PCB dari detergen, busa, dan air. Pastikan Anda selalu membersihkan bagian-bagian tersebut dalam keadaan kering, yaitu dengan menggunakan lap kering terutama saat terkena air.

4. Mencabut Colokan Mesin Cuci Setelah Digunakan

Jangan lupa untuk selalu memastikan mencabut colokan setelah digunakan. Voltase alat elektronik tidak stabil pada saat ada pemadaman listrik dan dapat menyebabkan terjadinya korslet.

5. Memperhatikan Tempat Meletakan Mesin Cuci dengan Benar

Pastikan mesin cuci untuk laundry Anda tidak diletakkan di tempat yang lembab, karena dapat mempercepat tumbuhnya jamur yang dapat mengakibatkan kerusakan. Selain itu, Anda juga harus menghindari tempat-tempat yang minim cahaya dan udara.

6. Hindari Mematikan Timer Mesin Cuci secara Paksa

Umumnya mesin cuci satu tabung memiliki timer otomatis. Namun, pastikan anda tidak menghentikan timer tersebut sebelum waktunya habis, terutama dalam keadaan mesin sedang bekerja. Hal ini dilakukan untuk menghindari mesin cepat rusak.

7. Membuka Penutup Mesin Cuci setelah Digunakan

Mesin cuci terutama yang satu tabung umumnya sudah dilengkapi dengan fitur otomatis. Namun penting bagi Anda untuk tetap memastikan membuka bagian penutup mesin cuci. Hal ini dilakukan untuk menghentikan kerja mesin cuci secara sempurna.

Selain itu, Anda perlu mematikan tombol power untuk memastikan mesin cuci tidak berada di posisi stand by. Posisi ini akan menyebabkan pemborosan listrik. Tak hanya out, Mesin cuci juga akan tetap bekerja dan cepat panas.

Nah, sekarang Anda bisa lebih aware lagi nih menggunakan mesin laundry terutama mesin cuci. Saku Laundry punya solusi terbaik untuk mengetahui kinerja mesin cuci Anda, sehingga Anda bisa membuat jadwal khusus untuk melakukan servis secara rutin agar nantinya mesin cuci tetap awet dan selalu prima saat digunakan. Yuk segera pakai Aplikasi Saku Laundry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *