Juli 22, 2024
Perencanaan dan Pengembangan Karir Ketika Pindah Tempat Kerja

Salah satu hal yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan karir yang dipunyai adalah dengan menjaga loyalitas kepada perusahaan atau tempat kerja. Tetapi karena beberapa alasan, Anda tetap bisa untuk berpindah tempat kerja. Terutama saat baru merintis karir yaitu pada tahapan eksplorasi untuk memilih pekerjaan yang tepat dan perusahaan yang juga mempunyai lingkungan kerja yang mendukung untuk perencanaan dan pengembangan karir yang Anda punyai. Ketika harus pindah tempat kerja tersebut, pastikan untuk mempertahankan beberapa hal yang juga bisa mendukung perencanaan karir Anda :

Perencanaan dan Pengembangan Karir Ketika Pindah Tempat Kerja

Perencanaan dan Pengembangan Karir Ketika Pindah Tempat Kerja

  • Pertama adalah dengan memperluas networking atau jejaring yang dipunyai. Pastikan untuk networking dan membangun hubungan yang baik dengan pekerja yang lain. Sehingga ketika pindah ke tempat kerja maka juga perlu untuk teman bergaul dan bisa lebih nyaman untuk bekerja di tempat tersebut. Selain partner kerja, mempunyai rekan kerja yang baru tersebut juga akan membantu untuk memberikan informasi yang dibutuhkan mengenai bidang sesuai dengan passion yang dipunyai. Sehingga networking yang Anda bangun dapat menjadi safety net yang bisa untuk mendapatkan informasi dan peluang lebih banyak.

 

  • Hal selanjutnya harus pindah tempat kerja saat perencanaan dan pengembangan karir yang dipunyai adalah tetap menjaga hubungan baik dengan mantan partner kerja di perusahaan sebelumnya. Selain dengan mengenal orang baru di perusahaan baru yang menjadi networking safety net. Anda juga jangan sampai untuk memutuskan hubungan baik yang dipunyai dengan mantan kolega. Hal ini juga masih berhubungan dengan networking dan tetap mempertahankannya walaupun sudah pindah tempat kerja. Mantan kolega yang dipunyai tersebut juga bisa memberikan informasi dan membuka peluang karir yang Anda punyai. Sehingga ketika akan pindah kerja bisa untuk mengirimkan email perpisahan atau bisa makan bersama untuk terakhir kali sebagai perpisahan.

 

  • Hal selanjutnya yang bisa untuk lebih meyakinkan ketika harus pindah tempat kerja adalah bahwa tempat baru yang dipunyai akan bisa untuk memberikan peluang baru, sehingga karir yang dipunyai juga berkembang. Sehingga hal ini bisa untuk mengetahui level karir yang dipunyai saat ini. Apabila prospek yang dipunyai di tempat baru lebih menjanjikan dan membuat karir bisa berkembang, maka bisa menerima tawaran yang datang tersebut. Tawaran tersebut bisa menjadi ajang untuk mengembangkan diri dan karir yang dipunyai.

 

  • Dan hal terakhir yang bisa diperhatikan ketika akan pindah tempat kerja adalah dengan memastikan atau menimbang resiko yang dipunyai. Apabila ada kesempatan yang lebih baik, maka jangan disia-siakan. Terlebih ketika juga ada faktor pendorong yang membuat Anda perlu untuk memilih tempat kerja yang baru. Seperti faktor resiko bahwa bisnis mengalami kerugian. Sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan yaitu dari resiko yang ada untuk bisa untuk memutuskan apabila ingin berpindah tempat kerja. Anda juga menimbang faktor resiko di tempat kerja yang baru dan saling dibandingkan, sehingga nantinya bisa mendapatkan keputusan yang tepat dan terbaik untuk karir yang dipunyai.

 

Di atas merupakan perencanaan dan pengembangan karir yang bisa diperhatikan ketika harus pindah tempat kerja. Atau selain cara tersebut untuk bisa mengembangkan karir juga masih ada langkah lain yang bisa digunakan. Seperti untuk mengikuti pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuan bisnis yang Anda punyai, bisa untuk melanjutkan pendidikan, pindah jalur dengan prospek karir yang lebih baik, dan juga mengetahui kemampuan dan kelemahan diri yang bisa membantu melakukan evaluasi dan mengembangkan karir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *