Juni 15, 2024
Langkah-Langkah Menuju Net Zero Emossion

Memasuki era net zero emission menjadi salah satu hal yang tak terelakkan dalam bisnis modern. Lingkungan yang terus berubah dan tuntutan konsumen yang semakin sadar akan lingkungan membuat perusahaan harus beralih menuju model bisnis yang lebih berkelanjutan. Tetapi, bagaimana cara memulai perjalanan menuju net zero tanpa terjebak dalam kompleksitasnya?

Di bawah ini, kita akan membahas langkah-langkah konkret yang dapat membantu perusahaan Anda memulai perjalanan menuju net zero dengan lancar. Dengan kerangka yang terdefinisi dengan baik dan rencana tindakan yang matang, perusahaan Anda akan siap bersaing di tengah ekosistem bisnis net zero global. Untuk membantu proses ini, KADIN Net Zero Hub siap memberikan dukungan dan bimbingan yang Anda butuhkan.

Langkah-Langkah Menuju Net Zero Emossion

Memulai Komitmen

1. Menandatangani MOU dan NDA dengan KADIN Net Zero Hub

Langkah pertama dalam memulai perjalanan menuju net zero adalah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dan Non-Disclosure Agreement (NDA) dengan KADIN Net Zero Hub.

Tindakan ini menunjukkan niat serius perusahaan Anda untuk berkomitmen menuju net zero. Ini adalah awal dari kemitraan Anda dengan KADIN Net Zero Hub, dan kami akan siap mengalokasikan sumber daya untuk membantu Anda merencanakan langkah berikutnya.

2. Memetakan Industri

Setiap industri akan memiliki karakteristiknya sendiri dalam perjalanan menuju net zero. Demikian pula, setiap perusahaan dalam industri yang sama mungkin memiliki perbedaan dalam mencapai net zero. Penting untuk memahami posisi industri Anda agar dapat merumuskan Rencana Tindakan Net Zero dan Pernyataan yang akurat.

Net Zero Hub akan membantu perusahaan Anda dalam melakukan pemetaan industri untuk mendapatkan gambaran tingkat tinggi tentang bagaimana perusahaan-perusahaan memulai perjalanan net zero mereka.

3. Menetapkan Target

Identifikasi metrik dan sumber data mengenai emisi perusahaan Anda untuk mengembangkan daftar inisiatif yang diprioritaskan, dengan target yang terukur dan berbatas waktu.

Mitra Pengetahuan Net Zero Hub dapat menjadi sumber daya untuk membantu Anda mengidentifikasi metrik seperti emisi perusahaan Anda. Protokol GHG, yang dibuat bersama oleh WRI, memberikan Anda klasifikasi tentang cakupan emisi.

4. Menyerahkan Pledge

Setelah target Anda ditetapkan, perusahaan Anda akan memiliki gagasan yang lebih jelas tentang Rencana Perjalanan Net Zero Anda dan membentuk tim khusus untuk melaksanakan dan mencapai rencana tindakan Anda. Ini berarti perusahaan Anda siap untuk menyerahkan pledge Anda dan memperkuat komitmen Anda terhadap gerakan net zero.

Melaksanakan dan Mengungkapkan

1. Menilai Aktivitas

Sebagai bagian dari transparansi dan tanggung jawab, kami mendorong perusahaan Anda untuk menilai dan mengungkapkan tindakan iklim Anda. Hal ini juga membuktikan kepada pemegang saham, pasar, dan mitra bisnis bahwa perusahaan Anda bertujuan untuk komitmen jangka panjang.

CDP, salah satu mitra pengetahuan Net Zero Hub, akan memfasilitasi perusahaan Anda dalam langkah ini dengan alat penilaian mereka.

2. Menyerahkan Laporan Periodik

Setelah menerima skor penilaian Anda dari CDP, kami mendorong perusahaan Anda untuk memberikan laporan secara berkala. Hal ini juga akan membantu perusahaan Anda dalam memantau perjalanan menuju net zero Anda, karena target Anda mungkin harus diubah, disesuaikan, dan disesuaikan dengan perkembangan terbaru.

Membangun Ekosistem Pendukung

Menjadi bagian dari Net Zero Hub melibatkan interaksi dengan aktor net zero di luar sektor bisnis, seperti peneliti akademik dan generasi muda. Hal ini dapat berupa acara jaringan, pelatihan kapasitas, dan berbagai cara lain untuk memastikan terciptanya ekosistem net zero yang mendukung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *