Juni 15, 2024

Kenapa rambut rontok? Mungkin sebagian dari anda bingung mengenai hal tersebut. Namun tenang saja, artikel ini akan membantu anda dalam memahami apa saja faktor yang menyebabkan kerontokan rambut.

Tentunya rambut menjadi perhatian penting bagi anda, terutama wanita. Rambut seakan menjadi mahkota bagi mereka karena memang harus dijaga dengan melalui sejumlah perawatan. Tentunya kerontokan rambut sering menjadi masalah tersendiri yang membingungkan.

Kenapa Rambut Rontok Berikut Sejumlah Faktor yang Bisa Mengakibatkan Perontokan Rambut

Tanda dan Gejala Rambut Rontok

Kerontokan rambut dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Beberapa jenis kerontokan rambut bersifat sementara, sementara yang lain bersifat permanen. Gejala rambut rontok yang paling umum adalah:

  1. Penipisan dahi secara bertahap atau garis rambut yang surut
  2. Alopecia areata atau alopecia
  3. Bercak bersisik yang terinfeksi
  4. Kerontokan rambut seluruh tubuh akibat pengobatan seperti kemoterapi

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Berikut ini beberapa faktor penyebab daripada rambut yang rontok.

  1. Keturunan

Kerontokan rambut yang disebabkan oleh susunan genetik adalah kondisi normal. Ini disebut androgenetic alopecia dan lebih sering terjadi pada pria. Juga disebut kebotakan pola pria.

  1. Perubahan hormon

Wanita mengalami perubahan hormonal selama kehamilan, persalinan, menopause, atau saat mengganti metode kontrasepsi. Perubahan hormon memengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan menyebabkan peningkatan kerontokan rambut.

Melahirkan menempatkan tubuh di bawah tekanan yang ekstrim dan dapat menyebabkan banyak folikel rambut memasuki fase telogen atau telogen. Telogenous alopecia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis kerontokan rambut dari kulit kepala. Tapi jangan khawatir, kondisi ini sepenuhnya reversibel.

  1. Pengobatan dan kemoterapo

Obat-obatan seperti obat kemoterapi , antidepresan, radang sendi, dan obat tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut. Terapi radiasi digunakan untuk mengobati kanker dan dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  1. Stres

Apakah pekerjaan anda membuat anda stres, masalah pribadi anda membuat anda stres, atau rambut Anda rontok, hentikan sekarang. Stres menghilangkan nutrisi yang dibutuhkan rambut dan melemahkannya.

Studi menunjukkan bahwa stres atau trauma jangka panjang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang. memperbaiki? Yoga, meditasi, atau olahraga untuk pikiran dan tubuh yang sehat.

  1. Gaya rambut yang berlebihan

Siapa yang suka mengulang gaya rambut? Agar terlihat cantik dan trendi, anda membuat rambut anda ditata dengan panas dan teknik penataan yang merusak lainnya. Perawatan seperti bleaching, perming, perming, dan straightening dapat merusak rambut Anda.

  1. Produk perawatan rambut

Bahan kimia keras dalam produk perawatan rambut seperti shampo dapat menyebabkan kerontokan rambut. Penting untuk memilih sampo lembut yang cocok untuk anda. Sebelum anda mengenal sampo dan kondisioner, kenali rambut anda.

  1. Infeksi

Infeksi kulit jamur dan bakteri dapat mengurangi jumlah rambut di kulit kepala, menyebabkan kebotakan dan penipisan rambut. Mengobati penyakit seperti sifilis mengembalikan pertumbuhan rambut.

  1. Kekurangan vitamin

Rambut terdiri dari protein, asam amino dan ikatan peptida. Makan makanan yang seimbang adalah kunci untuk mempertahankan struktur ini. Kekurangan protein (sumber hewani atau nabati), zat besi, seng, vitamin C dan vitamin B dalam makanan dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  1. Kontaminasi

Satu studi menemukan bahwa partikel debu dan bahan bakar di udara dapat memengaruhi kulit kepala dan mengganggu protein rambut. Polusi udara adalah salah satu penyebab rambut rontok prematur dan rambut beruban.

  1. Gaya hidup

Kebiasaan gaya hidup seperti kurang tidur, bekerja di luar ruangan di bawah sinar matahari, dan merokok juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Semua faktor ini mengganggu mekanisme tubuh untuk kesehatan rambut.

Demikian beberapa faktor penyebab dari kerontokan rambut yang perlu anda perhatikan. Tentunya untuk mengatasi rambut rontok, ada sejumlah perawatan yang perlu anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan produk pembersih rambut yang cocok, seperti Dove. Ada banyak pilihan produk dari Dove yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan rambut anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *