Juli 22, 2024
Inilah 5 Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Oli pada motor mempunyai peranan penting untuk menjaga mesin tetap pada kondisi yang prima. Oli juga merupakan salah satu komponen yang bisa menjaga performa motor kesayangan Anda agar tetap terjaga.

Untuk oli motor matic memang dibuat khusus untuk jenis motor matic, maka jangan sampai Anda keliru membeli oli untuk motor manual. Oleh sebab itu, berikut ini 5 rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang bisa Anda beli.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

Top 1 Action Matic

Oli berbahan dasar sintetik ini sangat direkomendasikan untuk mesin dengan kopling kering misalnya seperti motor skuter matic. Oli TOP 1 Action Matic mempunyai kandungan sintetik yang lebih tinggi, maka membuat usia pemakaiannya lebih lama dibandingkan produk sejenis.

Oli ini juga sudah mempunyai standar JASO dan API yang disesuaikan untuk motor-motor terbaru. Ukurannya juga ada yang 1 liter dan 0,8 liter. Untuk harga, biasanya oli ini dibanderol mulai Rp 45 ribuan saja.

Federal Oil – Federal Matic 30 Ecomaxx

Oli motor yang satu ini mempunyai komposisi AE 10W-30 API SL JASO MB dipercaya sebagai oli terbaik untuk motor matic. Oli sintetik ini sangat cocok digunakan untuk berbagai varian motor matic 125cc serta 150cc yang usia penggunaannya masih di bawah 5 tahunan.

Federal Matic 30 Ecomaxx hadir ditawarkan dalam beberapa ukuran kemasan yang berbeda. Kisaran harganya mulai Rp 35 ribuan untuk ukuran 800 ml.

AHM – Oil MPX 2

AHM juga dikenal menjadi salah satu produsen oli motor matic terbaik sampai saat ini. Varian Oil MPX 2 ini bahkan dipercaya bisa menghasilkan daya lubrikasi yang lebih maksimal pada mesin motor matic, bahkan dengan cara yang lebih baik serta hemat dari oli lainnya yang beredar di pasaran. Oli sintetis ini juga ditawarkan dalam berbagai ukuran yang berbeda.  Harganya mulai dari Rp 40 ribuan untuk ukuran 800 ml.

Repsol Moto 4T 10W – 30 Matic

Repsol Moto 4T 10w30 Matic dapat menjadi solusi untuk Anda yang sedang membutuhkan oli bagus untuk motor matic. Oli jenis ini sangat cocok digunakan untuk motor matic biasa maupun matic injeksi yang beredar di Indonesia.

Repsol Moto 4T 10W-30 disediakan dalam kemasan 0,8 liter. Mengenai harga, produk ini dibanderol dengan rentang harga Rp 40 ribuan.

Motul Scooter LE 10w30

Rekomendasi yang terakhir yaitu Motul Scooter LE 10W-30 cocok untuk motor matic terbaru atau lawas. Produk ini umumnya ditawarkan dalam ukuran 0,8 liter dengan harga sekitar Rp 70 ribuan.

Sebagai tambahan informasi, waktu yang ideal untuk mengganti oli pada motor matic adalah pada jarak tempuh 2000 – 4000 kilometer. Jarak 2000 kilometer sendiri memang disarankan supaya performa mesin pada motor tetap optimal serta stabil.

Jika motor digunakan secara intensif, maka pemilik motor harus lebih rutin mengganti oli. Biasanya jika jarak harian yang ditempuh oleh motor matic mencapai 200 kilometer, artinya Anda harus mengganti oli mesin setiap 2 minggu sekali.

Sedangkan untuk oli transmisi atau oli gardan motor matic, jangka waktu penggantiannya lebih lama. Pada penggunaan yang cukup normal, Anda perlu mengganti oli gardan setiap 12 ribu kilometer sekali atau setiap 12 bulan sekali. Untuk motor dengan penggunaan berat atau penggunaan jarak jauh secara reguler sebaiknya waktu penggantian lebih dipercepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *