Juli 22, 2024
Asuransi Digital Indonesia Sebagai Wujud Kolaborasi Produk Keuangan Dan Teknologi

Belum banyak yang menyadari bahwa asuransi sejatinya adalah salah satu produk keuangan. Kebanyakan orang hanya berfokus pada tabungan dan investasi untuk masa depan sebagai produk keuangan yang akan menjamin keamanan dan kenyamanan hidup di masa depan. Padahal ada lagi satu produk keuangan yang juga penting untuk dimiliki selain tabungan dan investasi yakni asuransi. Asuransi sendiri sudah hadir di Indonesia sejak 180 tahun yang lalu melalui kolonialisme Belanda. Hingga kini, asuransi terus berkembang hingga lahirnya asuransi digital Indonesia yang merupakan wujud kolaborasi antara asuransi dengan teknologi.

 

Meskipun asuransi dan investasi sama-sama produk keuangan, pada dasarnya ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Berikut ini beberapa perbedaan antara asuransi dan investasi yakni :

Asuransi Digital Indonesia Sebagai Wujud Kolaborasi Produk Keuangan Dan Teknologi

  • Tujuan

Perbedaan dasar antara asuransi dan investasi terletak pada tujuan yang dimiliki keduanya. Pada investasi, tujuannya adalah untuk membuat uang Anda berkembang semakin banyak demi memenuhi satu tujuan tertentu misal untuk membeli properti atau kendaraan. Sementara untuk asuransi, tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan ekonomi dalam bentuk penggantian biaya atas suatu resiko misal kecelakaan.

 

  • Hasil

Pada produk keuangan investasi, hasil positif bukanlah sebuah jaminan. Bisa jadi uang yang Anda investasikan tidak berkembang sesuai yang diharapkan, misalnya saja jika Anda berinvestasi pada saham tertentu yang kemudian mengalami penurunan nilai. Sementara pada asuransi, hasil yang didapatkan pada dasarnya akan sesuai dengan manfaat yang telah disepakati antara pihak asuransi dengan nasabah sesuai dengan masa pertanggungan yang telah ditetapkan.

 

  • Resiko

Investasi adalah satu produk keuangan yang resikonya tidak pasti. Dana yang disetorkan untuk investasi bisa saja berkurang dan bertambah. Sementara pada suatu produk asuransi, indikator resikonya bersifat pasti yaitu berupa penyakit atau hilangnya nyawa seseorang. Dengan demikian, kedua produk keuangan ini pada dasarnya memiliki tujuan, hasil, dan resiko masing-masing namun keduanya sama-sama diperlukan untuk menjalankan kehidupan yang lebih nyaman di masa depan.

 

Setelah lebih mengenal perbedaan asuransi dan investasi, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh tentang asuransi digital Indonesia. Asuransi digital atau insurtech pada dasarnya adalah wujud perkembangan dan inovasi dari produk keuangan. Perbedaan dasar asuransi digital dengan asuransi yang terdahulu atau konvensional adalah bahwa asuransi digital dapat diakses secara online. Dengan akses online ini nasabah bukan hanya dapat membeli polis asuransi secara online, namun juga dapat mengajukan proses klaim secara online juga.

 

Kehadiran asuransi digital adalah bukti bahwa kemajuan teknologi bisa memiliki imbas ke berbagai sektor termasuk pada produk keuangan. Maka dari itu, Astra Life sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia juga tak segan untuk mengeluarkan produk asuransi digitalnya. Melalui I Love Life, Astra menawarkan platform penjualan asuransi digital yang dapat diakses seluruh masyarakat Indonesia.

 

Kehadiran asuransi digital I Love Life membuat seluruh masyarakat Indonesia dapat membeli asuransi secara mudah. Baik dari perkotaan maupun pedesaan, baik di daerah pesisir maupun pegunungan, pembelian polis asuransi digital ini dapat dilakukan selama Anda memiliki gadget yang terhubung dengan jaringan internet. I Love Life sangatlah cocok untuk Indonesia yang memiliki kondisi geografis luas dengan pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan. Kini, Anda tidak lagi perlu mendatangi kantor asuransi secara langsung untuk membeli dan mengklaim polis asuransi Anda. I Love Life adalah asuransi digital Indonesia terbaik dan telah terjamin keamanannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *