Juni 15, 2024
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Anda yang sudah memahami PMS itu apa pasti tahu menstruasi bisa menjadi saat yang sulit bagi wanita. Anda mungkin merasa kembung, lelah dan emosional. Perubahan suasana hati Anda mungkin ekstrem, sehingga sulit untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi selama menstruasi.

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Sayuran Hijau Berdaun

Sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral, yang sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung mengandung zat besi dan asam folat tingkat tinggi yang membantu meningkatkan energi Anda selama menstruasi.

Sayuran lezat ini juga bagus untuk pencernaan, yang dapat terpengaruh karena stres atau perubahan hormon selama masa ini. Mereka memiliki efek pembersihan pada sistem yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda melalui buang air kecil.

Sayuran berdaun hijau tidak hanya membantu Anda merasa lebih bersih dari dalam ke luar, tetapi juga bermanfaat bagi kulit Anda dengan mengurangi peradangan, mengecilkan pori-pori, dan mencegah timbulnya jerawat! Nutrisi yang sama ini menjaga rambut tetap sehat dan berkilau dengan mendorong pertumbuhan rambut serta mencegah uban prematur.

Jika Anda mencari cara yang lebih alami untuk menurunkan berat badan maka makan lebih banyak sayuran berdaun hijau pasti akan membantu! Makanan yang menakjubkan ini telah terbukti dari waktu ke waktu dapat mengurangi kembung yang berakibat pada penurunan berat badan secara keseluruhan!

 

Salmon

Salmon kaya akan asam lemak Omega 3, yang sangat penting bagi kesehatan jantung dan otak Anda. Asam lemak Omega 3 dapat membantu mencegah pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung, stroke dan trombosis vena dalam (DVT).

Asam lemak Omega 3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kemampuan belajar, dan meningkatkan suasana hati. Selain manfaat-manfaat ini, omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh Anda. Peradangan adalah faktor dalam banyak penyakit termasuk asma, diabetes dan rheumatoid arthritis. Salmon juga rendah lemak jenuh sehingga tidak hanya baik untuk Anda tetapi juga tidak akan menyumbat atau merusak arteri Anda!

 

Jahe

Jahe adalah obat yang sangat baik untuk kram menstruasi. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan sebagai pereda nyeri alami untuk banyak gejala menstruasi. Vitamin C dan mangan dalam jahe membantu mengurangi kembung, mual dan sakit perut. Jika Anda mengalami masalah sembelit selama menstruasi, cobalah menambahkan beberapa jahe parut ke dalam air hangat dan meminumnya sebelum sarapan setiap hari.

Jahe juga membantu meringankan diare yang berhubungan dengan menstruasi dengan merangsang otot-otot saluran pencernaan untuk bergerak lebih efektif sekaligus mengurangi peradangan yang disebabkan oleh iritasi seperti kafein atau alkohol yang mungkin ada dalam makanan yang dikonsumsi sebelum tidur selama bulan ini.

 

Nanas

Nanas adalah sumber vitamin C yang bagus, yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat selama menstruasi. Nanas juga mengandung bromelain yang tinggi, enzim yang membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

 

Telur

Telur adalah sumber protein, zat besi dan vitamin D. Kolin adalah nutrisi penting yang dapat ditemukan dalam telur, yang penting untuk perkembangan otak. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin – kedua nutrisi ini membantu melindungi mata terhadap degenerasi makula terkait usia (AMD). Asam lemak Omega-3 adalah manfaat lain dari makan telur; mereka dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan trigliserida sambil meningkatkan kadar kolesterol HDL (“baik”).

Meskipun menstruasi adalah bagian alami dari kehidupan, namun bisa jadi tidak nyaman dan merepotkan. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak pilihan makanan yang baik dan membantu menenangkan tubuh Anda selama menstruasi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *