Juli 22, 2024
Olahraga yang biasanya dapat Anda lakukan dengan mudah terasa sangat sulit, itu mungkin cara tubuh menyuruh Anda untuk rileks

Olahraga teratur sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan bahkan menawarkan peningkatan endorfin.

Ketika Anda mendapatkan begitu banyak manfaat dari olahraga mungkin sulit untuk memaksa diri Anda untuk libur olahraga.

Namun, jika Anda secara teratur melewatkan hari istirahat, kemungkinan Anda melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan untuk tubuh Anda, mengurangi manfaat latihan Anda, dan berpotensi menempatkan diri Anda pada risiko cedera dan kelelahan.

“Agar tetap kuat dan sehat, adalah kepentingan terbaik Anda untuk mengambil setidaknya satu hari per minggu untuk beristirahat,” kata Stephanie Thomas, Certified Personal Trainer.

Percaya atau tidak, tubuh Anda mungkin mencoba memberi tahu Anda bahwa ia perlu istirahat—dan Anda mengabaikannya.

Meskipun rasa sakit setelah berolahraga berat benar-benar normal dan tidak selalu merupakan indikasi bahwa Anda perlu istirahat, Anda harus memperhatikan rasa sakit yang tidak kunjung hilang—terutama jika Anda sudah lama latihan berlebihan.

“Ini bisa mengindikasikan peradangan sistemik dari latihan yang berlebihan,” jelas ahli terapi fisik Sarah Kostyukovsky.

“Tubuh Anda akan terasa sakit atau bahkan lebih hangat dari biasanya,” tambah pelatih pribadi bersertifikat NASM, Jason Williams.

“Ini dapat memengaruhi kinerja Anda dan dapat tampil di level optimal.” Jika Anda merasa lebih stres dan gelisah dari biasanya, ini bisa jadi berasal dari lebih dari sekadar jadwal sibuk Anda.

“Secara mental, Anda mungkin merasa lebih stres atau gelisah.

Anda perlu waktu untuk rileks dan menjernihkan pikiran agar bisa lebih fokus,” jelas Williams.

Berolahraga secara teratur memang membuat tubuh tegang sehingga wajar jika hal ini membuat Anda lelah seiring waktu.

Meskipun ini adalah cara yang bagus untuk menghilangkan agresi yang terpendam, terkadang Anda membutuhkan hari libur untuk menghilangkan tekanan dan mengatur ulang pikiran Anda.

Tentu saja Anda ingin merasa tertantang dengan setiap latihan, tetapi jika latihan yang biasanya dapat Anda lakukan dengan mudah terasa sangat sulit, itu mungkin cara tubuh Anda menyuruh Anda untuk rileks.

“Tubuh Anda kemungkinan besar membutuhkan satu hari [atau lebih] untuk pulih dari kerusakan otot yang menyertai pelatihan progresif,” jelas Kostyukovsky.

Untuk mencapai kapasitas tertinggi Anda, otot Anda membutuhkan kesempatan untuk pulih, dan mereka tidak dapat melakukannya tanpa hari istirahat! Itu juga tidak berarti Anda harus duduk-duduk di tempat tidur sepanjang hari: istirahat aktif yang mencakup berjalan-jalan atau melakukan aliran yoga ringan bisa sama baiknya untuk tubuh Anda.

Menemukan diri Anda membutuhkan tidur siang di siang hari atau pergi tidur lebih awal dan lebih awal? Ya, Anda perlu istirahat dari berolahraga.

“Anda bisa mengalami lebih banyak tidur siang yang bisa membuat Anda terjaga di malam hari,” Williams memperingatkan.

“Ini akan mempengaruhi tingkat energi Anda selama berolahraga dan bahkan menyebabkan kelelahan di siang hari.” Cara terbaik untuk menghilangkan kelelahan sejak awal adalah dengan memasukkan hari istirahat ke dalam rutinitas Anda sehingga Anda tidak merasa kelelahan dan tidak dapat menyelesaikan latihan yang direncanakan.

Ingat: Anda harus selalu mendengarkan tubuh Anda.

Anda tidak dapat memenuhi target kebugaran Anda dengan potensi penuh jika Anda tidak memberikan waktu yang cukup bagi otot Anda untuk pulih, jadi mendengarkan tubuh Anda adalah cara terbaik untuk menghindari cedera, menjaga energi Anda, dan benar-benar terus menikmati olahraga.

“Lakukan pemeriksaan mental dan fisik dengan diri sendiri setelah tiga atau empat hari berolahraga.

Perhatikan kelelahan ekstra, fokus, nyeri, dan sesak di tubuh Anda.

Mungkin sudah waktunya untuk istirahat,” kata Williams.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *